MAKALAH
TQM
DISUSUN
OLEH :
ISMI
NUR AZIZAH
C1C012076
UNIVERSITAS
JENDRAL SOEDIRMAN
FAKULTAS
EKONOMI
2012
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Di era globalisasi seperti sekarang ini semakin banyak
perusahaan-perusahaan baru bermunculan, dari mulai perusahaan milik warga
negara Indonesia sendiri sampai perusahaan milik asing. Dari pabrik mesin-mesin
sampai makanan ringan tersebar di seluruh dunia. Dan ini membawa dampak secara
langsung bagi perusahaan-perusahaan yang telah berdiri lama sebelum era
globalisasi. Keadaan seperti ini menuntut perusahaan-perusahaan untuk
meningkatkan kwalitas perusahaanya agar tetap bisa bertahan dan bersaing agar tetap
memperoleh keuntungan. Dan salah satu yang harus benar-benar diperhatikan adalah
kinerja manajerial perusahaan, karena semakin banyak perusahaan yang muncul,
para investor akan semakin teliti dan cermat dalam memilih perusahaan dimana
dia akan menginvestasikan dananya.
Salah satu sistem yang dapat dilakukan agar sebuah perusahaan
dapat bertahan di era seperti ini adalah TQM. Karena TQM mempunyai konsep
melakukan perbaikan secara terus menerus dan di semua bagian perusahaan demi
kepuasan pelanggan. Tetapi kebanyakan perusahaan di Indonesia melimpahkan
kewajiban pengendendalian mutu hanya pada satu divisi saja, seperti divisi
produksi. Padahal kwalitas dan kemajuan suatu perusahaan merupakan kewajiban
seluruh anggota perusahaan bukan hanya kewajiban seseorang atau satu divisi
saja.
B.
RUMUSAN
MASALAH
Seperti PT DUA KELINCI , perusahaan terkemuka dan
terpercaya di Indonesia, karena selama hampir 40 tahun telah memproduksi
kudapan kacang dan aneka kudapan lainnya dengan standar kualitas serta rasa
yang prima.
Standar kualitas adalah satu
di antara yang tertinggi dari yang dimiliki produsen-produsen makanan
terbaik di tanah air. Standar tersebut diterapkan mulai dari pemilihan bahan
baku dan di setiap tahap proses produksi, serta dilaksanakan dengan sepenuh
hati oleh seluruh karyawan.
PT DUA KELINCI juga akan menambah
jaringan distribusi ke Nigeria, Afrika. Rencana ini akan dilakukan pada
semester II tahun ini. Karena belum banyak produk seperti produk dua kelinci di
negara tersebut. Untuk masuk ke Nigeria, PT Dua Kelinci yang terkenal dengan
produk kacang garing ini akan bekerja sama dengan salah satu distributor di
negara itu. Perluasan jaringan distribusi bertujuan mendorong pertumbuhan
penjualan produk Dua Kelinci ke mancanegara.
Di era seperti sekarang ini PT DUA
KELINCI tetap dapat bertahan bahkan terus berkembang memasuki pasar dunia.
Melihat keberhasilan tersebut perlu kita ketahui, apakah TQM telah dikembangkan
dengan baik di dalam perusahaan dan apakan TQM tersebut berpengaruh terhadap
kinerja manajerial perusahaan tersebut.
BAB II
PEMBAHASAN
Semakin lama semakin banyak
perusahaan-perusahaan baru yang menawarkan produk-produk yang lebih variatif
dan menawarkan berbagai kelebihan dari produk lainnya. Keadaan seperti ini
menuntut perusahaan yang telah berdiri lebih lama untuk terus berusaha mengembangkan
produk-produknya agar tetap bisa bertahan dan terus mendapat keuntungan. Salah
satu sistem yang harus dilakukan untuk terus meningkatkan kwalitas perusahaan
adalah TQM.
TQM itu sendiri adalah sistem yang
mengutamakan kepuasan pelanggan yaitu dengan cara melakukan perbaikan secara
terus menerus di seluruh bagian perusahaan. Tidak hanya mngoptimalkan kinerja
di satu divisi saja, tetapi di seluruh bagian perusahaan. Karena kemajuan
perusahaan merupakan tanggung jawab seluruh anggota perusahaan bukan hanya tanggung
jawab seseorang atau satu divisi saja. Jika satu divisi dapat bekerja optimal,
tetapi divisi lain tidak beroprasi secara optimal maka secara keseluruhan tidak
akan mendapat hasil yang maksimal.
Ada
sepuluh karakteristik TQM yang dapat mempengaruhi kinerja manajer, yaitu: fokus
pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, pendekatan ilmiah, komitmen jangka
panjang, kerjasama tim, perbaikan sistem secara berkesinambungan, pendidikan
dan pelatihan, kebebasan yang terkendali, kesatuan tujuan, dan adanya keterlibatan
dan pemberdayaan karyawan. Dengan adanya TQM perusahaan dapat selalu
mengevaluasi kinerja para anggotanya.
Contohnya
PT DUA KELINCI. Perusahaan ini tetap bisa bertahan di era globalisasi seperti
sekarang ini pasti karena kinerja manajerialnya yang baik. Perusahaan ini bukan
hanya berkembang di dalam negri, tetapi mulai memasuki pasar dunia. Perusahaan
tersebut telah mengembangkan sistem TQM dengan baik didalamnya oleh karena itu
masyarakat luaspun semakin percaya untuk mengkonsumsi produk-produk dari PT.
Dua Kelinci. Perusahaan ini juga memiliki sertifikat
nasional dan internasional ini membuktikan bahwa perusahaan tersebut tidak
hanya memproduksi makanan tetapi juga mengatur manajemen dengan baik sehingga
dapat bekerja sama hingga keluar negri.
PT. Dua Kelinci mendahulukan kepuasan pelanggan
sehingga perusahaan tersebut dapat memproduksi kacang gurih tersebut dan karna
komitmen serta visi dan misi perusahaan yang tinggi membuat para karyawan dan
pemilik berusaha sebaik mungkin untuk menghasilkan produk yang baik.
PT Dua Kelinci
mlakukn cara-cara agar perusahaan tetap bisa bertahan di ra seperti ini, antara
lain :
·
Memasarkan produk tidak hanya di dalam negri
tapi juga di luar negri serta menjaga
kualitas produk-produk terbaik, aman dan halal.
·
Meningkatkan produktifitas dan daya saing
melalui pengembangan produk dan teknologi.
·
Menerapkan program manajemen kualitas yang
terintegrasi. Kontrol kualitas dilaksanakan di seluruh proses produksi, mulai
pengadaan bahan baku hingga pengiriman.
·
Setiap karyawan bertanggung jawab penuh atas
penerapan standar kualitas di bidang masing-masing. Namun, secara khusus
tanggung jawab manajemen mutu dilakukan oleh divisi quality control.
·
Kebijakan Mutu Dua Kelinci adalah memberikan
kepuasan tertinggi kepada pelanggan dengan mengendalikan kualitas produk agar
sesuai dengan harapan pelanggan, melakukan penyempurnaan secara trus menerus
dan memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.
PT Dua Kelinci sangat fokus terhadap
pelanggan, semua dilakukan demi kepuasan pelanggan. Semua karyawan berusaha
melaksanakan setiap pekerjaannya berdasarkan perspektif dan memberlakukan
prinsip ‘good enough is never good enough’. Hal-hal yang dapat membuat
pelanggan puas terhadap produk dari PT. Dua Kelinci yaitu dari segi kemasan,
produk ini mempunyai kualitas yang bagus. Design yang yang menarik dan
degradasi warna yang bagus. Harga produk-produk dari PT. Dua Kelinci juga
terjangkau bagi semua kalangan masyarakat dan juga disesuaikan dengan kemasan
dari masing-masing produk. Dilihat dari keadaan pabrik, di PT. Dua Kelinci juga
mendukung kinerja manjerial. PT. Dua Kelinci mempunyai gedung yang bagus dan
memenuhi standar perusahaan sehingga para karyawanpun semangat dalam melakukan
pekerjaan. Selain itu perusahaan ini selalu melakukan perbaikan terhadap
mesin-mesin yang digunakan agar kesalahan dalam produksi dapat diminimalkan.
Dengan begitu tidak banyak hasil produksi gagal yang artinya mengurangi laba
yang akan di dapat perusahaan.
Keberhasilan Dua Kelinci tentu saja
tidak terlepas dari para karyawan yang
bekerja di dalamnya. Di semua bagian yang ada diperusahaan initerdapat
kerjasama tim (Teamwork) yang baik. Karena tidak sedikit organisasi yang
dikelola secara tradisional akhirnya menimbulkan persaingan antar departemen
yang ada dalam organisasi. Padahal yang sangat dibutuhkan adalah kerjasama
antar divisi, karena antara stu divisi dengan divisi lainya saling berhubungan
erat. Dan itu berarti dalam PT Dua Kelinci ini TQM telah berjalan dengan baik,
karena adanya kerjasama tim, kemitraan, dan hubungan dijalin dan dibina, baik
antar karyawan perusahaan maupun dengan pemasok, lembaga-lembaga pemerintah,
dan masyarakat sekitarnya.
Selain itu penentu keberhasilan
perusahaan ini adalah terjalinnya hubungan yang baik dengan para distributor
dan supplier. Dengan begitu pemasok akan memberikan bahan baku yang benar-benar
berkualitas, tidak akan terjadi kecurangan dalam memasok bahan baku. Dan para
distributor juga akan benar-benar mengirimkan produk-produk sampai pada
sasaran. Tidak hanya lewat distributor, PT. Dua Kelinci juga melakukan promosi
dengan berbagai iklan di media cetak maupun elektronik sehingga para masyarakat
mengenal produk-produk yang dihasilkan PT Dua Kelinci.
Pemilik Dua Kelinci ini, kakak
beradik Hadi Sutiono dan Ali Arifin, telah menciptakan budaya organisasi yang
menempatkan para karyawan sebagai bagian yang penting di atas segala-galanya.
Karena kalau tidak ada karyawan, tidak akan ada produk yang dihasilkan. Beberapa
ribu orang kini bekerja di pabrik Pati dan cabangnya di Jakarta dan Surabaya.
Banyak karyawan yang bekerja di sana merupakan keluarga, suami dan istrinya,
kakak beradik, orang tua dan anak-anaknya bersama-sama membangun
keberhasilan. Delapan puluh
persen karyawan Dua Kelinci adalah wanita
Perusahaan juga sering melakukan pendidikan
dan pelatihan terhadap karyawan. Setiap orang diharapkan dan didorong untuk
terus belajar. Dengan belajar, setiap orang dalam perusahaan dapat meningkatkan
keterampilan teknis dan keahlian profesionalnya sehingga dapat terus
mengembangkan produk-produk yang dihasilkan.
BAB
III
KESIMPULAN
Untuk
perusahaan baru ataupun lama jika ingin terus dapat bersing di era globalisasi
ini harus menerapkan suatu sistem dalam perusahaan seperti TQM.
PT
Dua Kelinci adalah salah satu perusahaan yang tetap bertahan dan bahkan terus
berkembang karena perusahaan tersebut memfokuskan semuanya pada pelanggan. TQM
dalam perusahaan ini sangat berpengaruh terhadap kinerja manajerial dan
kemajuan perusahaan. Semua divisi dalam perusahaan bekerja semaksimal mungkin.
Dari mulai bagian produksi yang menggunkan bahan-bahan berkualitas dan
mendesain kemasan semenarik mungkin. Bagian pemasaran yang melakukan promosi di
berbagai media dll. Hubungan
antara satu divisi dengan divisi lain saling membantu karena samasama bekerja
secara maksimal demi tujuan bersama yaitu kepuasan pelanggan.
Jadi
jika TQM dalam suatu perusahaan berkembang dengan baik, maka akan menunjang
kinerja manajerial perusahaan tersebut. Pasti perusahaan tersebut akan tetap
bisa bertahan dalam persaingan di era global ini.
DAFTAR
PUSTAKA
0 komentar:
Post a Comment