Friday, October 11, 2013

ANALISIS TQM DI SUATU PERUSAHAAN (2)

MAKALAH TQM
“PT DUA KELINCI PATI”





DISUSUN OLEH :
ISMI NUR AZIZAH
C1C012076

UNIVERSITAS JENDRAL SOEDIRMAN
FAKULTAS EKONOMI
2012

BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG

Di era globalisasi seperti sekarang ini semakin banyak perusahaan-perusahaan baru bermunculan, dari mulai perusahaan milik warga negara Indonesia sendiri sampai perusahaan milik asing. Dari pabrik mesin-mesin sampai makanan ringan tersebar di seluruh dunia. Dan ini membawa dampak secara langsung bagi perusahaan-perusahaan yang telah berdiri lama sebelum era globalisasi. Keadaan seperti ini menuntut perusahaan-perusahaan untuk meningkatkan kwalitas perusahaanya agar tetap bisa bertahan dan bersaing agar tetap memperoleh keuntungan. Dan salah satu yang harus benar-benar diperhatikan adalah kinerja manajerial perusahaan, karena semakin banyak perusahaan yang muncul, para investor akan semakin teliti dan cermat dalam memilih perusahaan dimana dia akan menginvestasikan dananya.


Salah satu sistem yang dapat dilakukan agar sebuah perusahaan dapat bertahan di era seperti ini adalah TQM. Karena TQM mempunyai konsep melakukan perbaikan secara terus menerus dan di semua bagian perusahaan demi kepuasan pelanggan. Tetapi kebanyakan perusahaan di Indonesia melimpahkan kewajiban pengendendalian mutu hanya pada satu divisi saja, seperti divisi produksi. Padahal kwalitas dan kemajuan suatu perusahaan merupakan kewajiban seluruh anggota perusahaan bukan hanya kewajiban seseorang atau satu divisi saja.




B.    RUMUSAN MASALAH

Seperti PT DUA KELINCI , perusahaan terkemuka dan terpercaya di Indonesia, karena  selama hampir 40 tahun telah memproduksi kudapan kacang dan aneka kudapan lainnya dengan standar kualitas serta rasa yang prima.
            Standar kualitas  adalah satu di antara yang tertinggi dari yang dimiliki produsen-produsen  makanan terbaik di tanah air. Standar tersebut diterapkan mulai dari pemilihan bahan baku dan di setiap tahap proses produksi, serta dilaksanakan dengan sepenuh hati oleh seluruh karyawan.
            PT DUA KELINCI juga akan menambah jaringan distribusi ke Nigeria, Afrika. Rencana ini akan dilakukan pada semester II tahun ini. Karena belum banyak produk seperti produk dua kelinci di negara tersebut. Untuk masuk ke Nigeria, PT Dua Kelinci yang terkenal dengan produk kacang garing ini akan bekerja sama dengan salah satu distributor di negara itu. Perluasan jaringan distribusi bertujuan mendorong pertumbuhan penjualan produk Dua Kelinci ke mancanegara.
            Di era seperti sekarang ini PT DUA KELINCI tetap dapat bertahan bahkan terus berkembang memasuki pasar dunia. Melihat keberhasilan tersebut perlu kita ketahui, apakah TQM telah dikembangkan dengan baik di dalam perusahaan dan apakan TQM tersebut berpengaruh terhadap kinerja manajerial perusahaan tersebut.







BAB II
PEMBAHASAN

            Semakin lama semakin banyak perusahaan-perusahaan baru yang menawarkan produk-produk yang lebih variatif dan menawarkan berbagai kelebihan dari produk lainnya. Keadaan seperti ini menuntut perusahaan yang telah berdiri lebih lama untuk terus berusaha mengembangkan produk-produknya agar tetap bisa bertahan dan terus mendapat keuntungan. Salah satu sistem yang harus dilakukan untuk terus meningkatkan kwalitas perusahaan adalah TQM.
            TQM itu sendiri adalah sistem yang mengutamakan kepuasan pelanggan yaitu dengan cara melakukan perbaikan secara terus menerus di seluruh bagian perusahaan. Tidak hanya mngoptimalkan kinerja di satu divisi saja, tetapi di seluruh bagian perusahaan. Karena kemajuan perusahaan merupakan tanggung jawab seluruh anggota perusahaan bukan hanya tanggung jawab seseorang atau satu divisi saja. Jika satu divisi dapat bekerja optimal, tetapi divisi lain tidak beroprasi secara optimal maka secara keseluruhan tidak akan mendapat hasil yang maksimal.
            Ada sepuluh karakteristik TQM yang dapat mempengaruhi kinerja manajer, yaitu: fokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, pendekatan ilmiah, komitmen jangka panjang, kerjasama tim, perbaikan sistem secara berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan, kebebasan yang terkendali, kesatuan tujuan, dan adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan. Dengan adanya TQM perusahaan dapat selalu mengevaluasi kinerja para anggotanya.
            Contohnya PT DUA KELINCI. Perusahaan ini tetap bisa bertahan di era globalisasi seperti sekarang ini pasti karena kinerja manajerialnya yang baik. Perusahaan ini bukan hanya berkembang di dalam negri, tetapi mulai memasuki pasar dunia. Perusahaan tersebut telah mengembangkan sistem TQM dengan baik didalamnya oleh karena itu masyarakat luaspun semakin percaya untuk mengkonsumsi produk-produk dari PT. Dua Kelinci. Perusahaan ini juga memiliki sertifikat nasional dan internasional ini membuktikan bahwa perusahaan tersebut tidak hanya memproduksi makanan tetapi juga mengatur manajemen dengan baik sehingga dapat bekerja sama hingga keluar negri.
               PT. Dua Kelinci mendahulukan kepuasan pelanggan sehingga perusahaan tersebut dapat memproduksi kacang gurih tersebut dan karna komitmen serta visi dan misi perusahaan yang tinggi membuat para karyawan dan pemilik berusaha sebaik mungkin untuk menghasilkan produk yang baik.

            PT Dua Kelinci mlakukn cara-cara agar perusahaan tetap bisa bertahan di ra seperti ini, antara lain :
·       Memasarkan produk tidak hanya di dalam negri tapi juga di luar negri serta  menjaga kualitas produk-produk terbaik, aman dan halal.
·       Meningkatkan produktifitas dan daya saing melalui pengembangan produk dan teknologi.
·       Menerapkan program manajemen kualitas yang terintegrasi. Kontrol kualitas dilaksanakan di seluruh proses produksi, mulai pengadaan bahan baku hingga pengiriman.
·       Setiap karyawan bertanggung jawab penuh atas penerapan standar kualitas di bidang masing-masing. Namun, secara khusus tanggung jawab manajemen mutu dilakukan oleh divisi quality control.
·       Kebijakan Mutu Dua Kelinci adalah memberikan kepuasan tertinggi kepada pelanggan dengan mengendalikan kualitas produk agar sesuai dengan harapan pelanggan, melakukan penyempurnaan secara trus menerus dan memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

            PT Dua Kelinci sangat fokus terhadap pelanggan, semua dilakukan demi kepuasan pelanggan. Semua karyawan berusaha melaksanakan setiap pekerjaannya berdasarkan perspektif dan memberlakukan prinsip ‘good enough is never good enough’. Hal-hal yang dapat membuat pelanggan puas terhadap produk dari PT. Dua Kelinci yaitu dari segi kemasan, produk ini mempunyai kualitas yang bagus. Design yang yang menarik dan degradasi warna yang bagus. Harga produk-produk dari PT. Dua Kelinci juga terjangkau bagi semua kalangan masyarakat dan juga disesuaikan dengan kemasan dari masing-masing produk. Dilihat dari keadaan pabrik, di PT. Dua Kelinci juga mendukung kinerja manjerial. PT. Dua Kelinci mempunyai gedung yang bagus dan memenuhi standar perusahaan sehingga para karyawanpun semangat dalam melakukan pekerjaan. Selain itu perusahaan ini selalu melakukan perbaikan terhadap mesin-mesin yang digunakan agar kesalahan dalam produksi dapat diminimalkan. Dengan begitu tidak banyak hasil produksi gagal yang artinya mengurangi laba yang akan di dapat perusahaan.
            Keberhasilan Dua Kelinci tentu saja tidak terlepas dari para karyawan  yang bekerja di dalamnya. Di semua bagian yang ada diperusahaan initerdapat kerjasama tim (Teamwork) yang baik. Karena tidak sedikit organisasi yang dikelola secara tradisional akhirnya menimbulkan persaingan antar departemen yang ada dalam organisasi. Padahal yang sangat dibutuhkan adalah kerjasama antar divisi, karena antara stu divisi dengan divisi lainya saling berhubungan erat. Dan itu berarti dalam PT Dua Kelinci ini TQM telah berjalan dengan baik, karena adanya kerjasama tim, kemitraan, dan hubungan dijalin dan dibina, baik antar karyawan perusahaan maupun dengan pemasok, lembaga-lembaga pemerintah, dan masyarakat sekitarnya.
            Selain itu penentu keberhasilan perusahaan ini adalah terjalinnya hubungan yang baik dengan para distributor dan supplier. Dengan begitu pemasok akan memberikan bahan baku yang benar-benar berkualitas, tidak akan terjadi kecurangan dalam memasok bahan baku. Dan para distributor juga akan benar-benar mengirimkan produk-produk sampai pada sasaran. Tidak hanya lewat distributor, PT. Dua Kelinci juga melakukan promosi dengan berbagai iklan di media cetak maupun elektronik sehingga para masyarakat mengenal produk-produk yang dihasilkan PT Dua Kelinci.
            Pemilik Dua Kelinci ini, kakak beradik Hadi Sutiono dan Ali Arifin, telah menciptakan budaya organisasi yang menempatkan para karyawan sebagai bagian yang penting di atas segala-galanya. Karena kalau tidak ada karyawan, tidak akan ada produk yang dihasilkan. Beberapa ribu orang kini bekerja di pabrik Pati dan cabangnya di Jakarta dan Surabaya. Banyak karyawan yang bekerja di sana merupakan keluarga, suami dan istrinya, kakak beradik, orang tua dan anak-anaknya bersama-sama membangun keberhasilan. Delapan puluh persen karyawan Dua Kelinci adalah wanita
            Perusahaan juga sering melakukan pendidikan dan pelatihan terhadap karyawan. Setiap orang diharapkan dan didorong untuk terus belajar. Dengan belajar, setiap orang dalam perusahaan dapat meningkatkan keterampilan teknis dan keahlian profesionalnya sehingga dapat terus mengembangkan produk-produk yang dihasilkan.
           










BAB III
KESIMPULAN


            Untuk perusahaan baru ataupun lama jika ingin terus dapat bersing di era globalisasi ini harus menerapkan suatu sistem dalam perusahaan seperti TQM.

            PT Dua Kelinci adalah salah satu perusahaan yang tetap bertahan dan bahkan terus berkembang karena perusahaan tersebut memfokuskan semuanya pada pelanggan. TQM dalam perusahaan ini sangat berpengaruh terhadap kinerja manajerial dan kemajuan perusahaan. Semua divisi dalam perusahaan bekerja semaksimal mungkin. Dari mulai bagian produksi yang menggunkan bahan-bahan berkualitas dan mendesain kemasan semenarik mungkin. Bagian pemasaran yang melakukan promosi di berbagai media dll.             Hubungan antara satu divisi dengan divisi lain saling membantu karena samasama bekerja secara maksimal demi tujuan bersama yaitu kepuasan pelanggan.

            Jadi jika TQM dalam suatu perusahaan berkembang dengan baik, maka akan menunjang kinerja manajerial perusahaan tersebut. Pasti perusahaan tersebut akan tetap bisa bertahan dalam persaingan di era global ini.












DAFTAR PUSTAKA






0 komentar:

Post a Comment